Analisis Kasus Produk Desain Instruksional


desain-instruksional-modern I.     Pendahuluan

Desain pembelajaran (instruksional) sangat diperlukan sebelum proses pembelajaran itu berlangsung. Menurut Hamreus dalam Suparman (2012, hal. 85) desain instruksional adalah “a systematic process of bringing goal into effective learning activity”. Definisi ini menyatakan bahwa desain instruksional merupakan sebuah proses sistematik untuk memungkinkan tujuan umum dicapai melalui proses belajar yang efektif. Oleh karena itu guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran, sebelum terjun langsung ke kelas sebaiknya seorang guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran atau skenario pembelajarannya dengan baik. Perencanaan pembelajaran yang dikembangkan sebaiknya mengikuti kaidah-kaidah pengembangan desain instruksional secara sistematis dan benar.

Penggunaan pendekatan sistem dalam desain instruksional telah menghasilkan berbagai model. Model adalah sesuatu yang menggambarkan adanya pola berpikir. Sebuah model biasanya menggambarkan keseluruhan konsep yang saling berkaitan. Dengan kata lain model juga dapat dipandang sebagai upaya dan untuk mengkonkretkan sebuah teori sekaligus juga merupakan sebuah analogi dan representasi dari variable-variabel yang terdapat di dalam teori tersebut. (Pribadi, 2010, hal. 86). Dalam desain sistem pembelajaran, model biasanya menggambarkan langkah-langkah atau prosedur yang perlu ditempuh untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang efektif, efisien, dan menarik.  Jadi suatu model dalam pengembangan pembelajaran  adalah suatu proses yang sistematik dalam desain, konstruksi, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi sistem pembelajaran.

Pengembangan desain instruksional Sebelum seorang pengembang instruksional membuat produk desain instruksional yang baik, harus melakukan delapan langkah-langkah, sesuai dengan bagan model pengembangan instruksional, Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengembangan desain intsruksional, sebagai berikut:

Makalah selengkapnya silahkan download disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s