Tes Golongan Darah di SMA LTI IGM Palembang


Pada tanggal 23 Februari 2013 yang lalu SMA LTI IGM Palembang mengadakan acara Open House, yang di hadiri oleh siswa-siswi SMP se-kota Palembang, serta warga sekolah SMA IGM dan para alumni. Acara ini bertujuan untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi serta mencoba memperkenalkan SMA LTI IGM lebih dekat pada masyarakat khususnya warga kota Palembang dan sekitarnya.

DSC_0543       285785_4461793223858_662900008_n

DSC_0545        DSC_0495

Pada acara ini, tim science SMA LTI IGM ikut unjuk kebolehan memalui stand science yang kami hadirkan diacara tersebut. Selain memperkenalkan alat-alat labor yang ada di SMA LTI IGM, kami juga mengadakan kegiatan eksebisi berupa tes golongan darah.

Kegiatan ini cukup menarik perhatian peserta yang hadir pada acara Open House. Puluhan orang hadir mengunjungi stand science untuk mengetahui golongan darah mereka. Menarik perhatian pengunjung karena hanya dengan membayar uang sebesar Rp. 5.000,- pengunjung sudah dapat mengetahui golongan darah mereka. Disamping  itu peserta tes juga mendapatkan souvenir yang disediakan oleh panitia.

Yang berbeda pada kegiatan kali ini adalah kami melibatkan siswa-siswi SMA LTI IGM sebagai petugas untuk mengetes golongan darah pengunjung. Siswa-siswi ini telah diberi pembekalan sebelumnya berupa pelatihan mulai dari persiapan menggunakan alat tes, melakukan tes golongan darah sampai cara menganalisa hasil tes. Hasilnya sangat memuaskan, petugas yang merupakan siswa kelas XI IPA ini, belajar dengan cepat dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Tidak heran bila pengunjung tak ragu merelakan ujung jarinya dilukai oleh petugas untuk mengambil sampel darah.

Selain ikut mensukseskan acara Open House, tentunya kegiatan ini telah menjadi salah satu pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga, terutama bagi petugas yang melaksanakan tes. Kegiatan ini membuktikan bahwa begitu banyak kegiatan positif  yang bisa kita lakukan, di tengah makin menurunnya kualitas pendidikan dan akhlak generasi muda saat ini.

Semoga langkah kita tidak terhenti sampai di sini, akan masih banyak lagi kegiatan positif yang bisa kita laksanakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s